Menjunjung Ijtihad Ulama dalam Bingkai Al Qur’an dan As Sunnah
MENJUNJUNG IJTIHAD ULAMA’ DALAM BINGKAI AL – QUR’AN & AS – SUNNAH
Pemateri : Dr.(H.C.) Abu Hammam Kiryani, BA
Pengasuh Ponpes. At Taqwa Al Islamiy Borobudur
Tim Pembina Yayasan Kajian Kadang Temanggung
الفرقة الناجية : هم أهل الحديث الذين قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيهم : “لا تزال طائفة من أمتي ظاهرين على الحق، لا يضرهم من خذلهم حتى يأتي أمر الله” (رواه مسلم).
Golongan yang selamat adalah Ahlul Hadits — yaitu para pengikut sunnah — yang telah disebutkan oleh Rasulullah ﷺ tentang mereka:
“Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang selalu tampak (teguh) di atas kebenaran. Mereka tidak akan terganggu oleh orang-orang yang meninggalkan mereka, hingga datang ketetapan Allah (hari kiamat).”
(HR. Muslim)
وَقَالَ الشَّاعِرُ: أَهْلُ الحَدِيثِ هُمُ أَهْلُ النَّبِيِّ وَإِنْ … لَمْ يَصْحَبُوا نَفْسَهُ أَنْفَاسَهُ صَحِبُوا
Dan seorang penyair berkata:
“Ahli hadits adalah para pengikut Nabi,
meskipun mereka tidak hidup sezaman dengan beliau, namun mereka selalu bersama dengan napas-napas beliau (ajaran dan sunnahnya).”
قال النووي -رحمه الله-: “وأما هذه الطائفة، فقال البخاري: هم أهل العلم”، وقال أحمد بن حنبل: “إن لم يكونوا أهل الحديث فلا أدري من هم”، قال القاضي عياض: “إنما أراد أهل السنة والجماعة ومن يعتقد مذهب أهل الحديث” انتهى (أي النووي). ويحتمل أن هذه الطائفة متفرقة بين أنواع المؤمنين، منهم شجعان مقاتلون، ومنهم فقهاء، ومنهم محدثون، ومنهم زهاد، وآمرون بالمعروف وناهون عن المنكر، ومنهم أهل أنواع أخرى من الخير، ولا يلزم أن يكونوا مجتمعين، بل قد يكونون متفرقين في أقطار الأرض. (“المنهاج شرح صحيح مسلم بن الحجاج” 13/67).
Imam an-Nawawi رحمه الله berkata:
“Adapun golongan (yang dimaksud dalam hadits tentang kelompok yang selamat), Imam al-Bukhari berkata: Mereka adalah ahli ilmu.”
Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Jika mereka bukan Ahlul Hadits, maka aku tidak tahu siapa mereka.”
Al-Qadhi ‘Iyadh berkata: “Yang dimaksud adalah Ahlus Sunnah wal Jama‘ah, yaitu orang-orang yang meyakini dan mengikuti madzhab Ahlul Hadits.”
(Nawawi) berkata: “Kemungkinan golongan ini tersebar di antara berbagai macam kelompok kaum mukminin: di antara mereka ada para pemberani yang berjuang (di jalan Allah), ada para fuqaha (ahli fiqih), ada para muhadditsin (ahli hadits), ada para zahid (ahli ibadah yang zuhud), ada yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, dan ada pula dari berbagai jenis kebaikan lainnya. Tidak mesti mereka berkumpul di satu tempat, bahkan bisa jadi mereka tersebar di berbagai penjuru bumi.”
(Dikutip dari Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al-Hajjaj, jilid 13 halaman 67).
الفرقةُ الناجيةُ تحترمُ الأئمَّةَ المجتهدين، ولا تَتعصَّبُ لواحدٍ منهم، بل تأخذُ الفقهَ من القرآنِ والأحاديثِ الصحيحة، ومن أقوالِهم جميعًا، إذا وافقَ الحديثَ الصحيح، وهذا موافقٌ لكلامِهم، حيث أوصَوا أتباعَهم أن يأخذوا بالحديثِ الصحيح، ويتركوا كلَّ قولٍ يخالفُه.
Golongan yang selamat (الفرقة الناجية) menghormati para imam mujtahid dan tidak fanatik kepada salah satu di antara mereka.
Namun mereka mengambil hukum fiqih dari Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih, serta dari pendapat seluruh imam apabila sesuai dengan hadits yang shahih.
Sikap ini sejalan dengan ucapan para imam itu sendiri, karena mereka telah berwasiat kepada para pengikutnya agar berpegang teguh pada hadits yang shahih dan meninggalkan setiap pendapat yang bertentangan dengannya.
Faedah :
- Sikap hormat kepada para imam mujtahid adalah kewajiban, namun tidak boleh disertai fanatik buta kepada salah satunya.
- Kebenaran dijadikan tolok ukur — bukan tokoh atau madzhab tertentu, melainkan Al-Qur’an dan hadits shahih.
- Pendapat para imam dihormati, tetapi harus ditimbang dengan dalil yang benar.
- Para imam sendiri melarang taklid buta, bahkan mereka memerintahkan agar pendapat mereka ditinggalkan bila bertentangan dengan hadits shahih.
- Golongan yang selamat (al-firqah an-najiyah) adalah mereka yang mengikuti kebenaran berdasarkan dalil, bukan berdasarkan hawa nafsu atau fanatisme.
Kemudian diantara perkataan para imam yang empat, yang menganjurkan untuk perpegang teguh dengan hadits – hadits Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam sebagai berikut :
قال الإمام أبو حنيفة – رحمه الله – : ” إذا صح الحديث فهو مذهبي “.
(العابدين في حاشيته 1/258)
Imam Abu Hanifah – semoga Allah merahmatinya – berkata:
“Apabila hadits itu shahih, maka itulah mazhabku.”
(Diriwayatkan oleh Al-‘Abidin dalam Hasyiyah-nya, 1/258)
وقال أيضا : ” لا يحل لأحدٍ أن يأخذ بقولنا ما لم يعلم من أين أخذناه “.
(العابدين في حاشيته على البحر الرائق 6/293)
Beliau juga berkata:
“Tidak halal bagi seseorang mengambil pendapat kami sebelum ia mengetahui dari mana kami mengambilnya.”
(Al-‘Abidin dalam Hasyiyah atas Al-Bahr ar-Ra’iq, 6/293)
ومن أقواله – رحمه الله – : ” إذا قلت قولاً يخالف كتاب الله تعالى وخبر الرسول صلى الله عليه وسلم، فاتركوا قولي “.
(الفلاني في الإيقاظ ص 50، معة صلاة النبي ص 47)
Dan di antara perkataannya – semoga Allah merahmatinya –:
“Apabila aku mengucapkan suatu perkataan yang bertentangan dengan Kitab Allah Ta’ala dan sabda Rasulullah ﷺ, maka tinggalkanlah perkataanku itu.”
(Al-Falani dalam Al-Iyqazh, hal. 50; juga disebut dalam Shalatun Nabi, hal. 47)
قال الإمام مالك بن أنس – رحمه الله – : ” إنما أنا بشر أخطئ وأصيب، فانظروا في رأيي، فكل ما وافق الكتاب والسنة فخذوه، وكل ما لم يوافق الكتاب والسنة فاتركوه “.
(رواه ابن عبد البر في جامع بيان العلم وفضله 1/775)
Imam Malik bin Anas – semoga Allah merahmatinya – berkata:
“Sesungguhnya aku hanyalah manusia, terkadang salah dan terkadang benar. Maka perhatikanlah pendapatku, setiap yang sesuai dengan Kitab (Al-Qur’an) dan Sunnah, maka ambillah. Dan setiap yang tidak sesuai dengan Kitab dan Sunnah, maka tinggalkanlah.”
(Diriwayatkan oleh Ibn ‘Abd al-Barr dalam Jāmi‘ Bayān al-‘Ilm wa Fadlih, 1/775)
ومن أقواله – رحمه الله – : ” كل أحدٍ يؤخذ من قوله ويُترك إلا صاحب هذا القبر صلى الله عليه وسلم “.
(سير أعلام النبلاء 8/93)
Dan di antara perkataannya – semoga Allah merahmatinya –:
“Setiap orang dapat diambil perkataannya dan dapat pula ditinggalkan, kecuali pemilik kubur ini (yaitu Rasulullah ﷺ).”
(Disebutkan dalam Siyar A‘lām an-Nubalā’, 8/93)
قال الشافعي – رحمه الله – : “أجمع المسلمون على أن من استبانت له سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يكن له أن يدعها لقول أحد من الناس”.
(ذكره ابن القيم في «إعلام الموقعين» 2/282).
Imam Asy-Syafi‘i – semoga Allah merahmatinya – berkata:
“Kaum Muslimin telah sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya suatu sunnah dari Rasulullah ﷺ, maka tidak halal baginya meninggalkannya karena perkataan siapa pun di antara manusia.”
(Ibnu al-Qayyim menyebutkannya dalam I‘lām al-Muwaqqi‘īn, jilid 2 halaman 282).
وقال أيضاً: “إذا صح لكم الحديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم فخذوا به ودعوا قولي”.
(رواه ابن حبان في صحيحه 5/496، والبيهقي في «شعب الإيمان» 5/497).
Beliau (Imam Asy-Syafi‘i) juga berkata:
“Apabila telah sahih bagi kalian sebuah hadits dari Rasulullah ﷺ, maka ambillah (hadits itu) dan tinggalkan pendapatku.”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahih-nya jilid 5 halaman 496, dan oleh Al-Baihaqi dalam Syu‘ab al-Imān jilid 5 halaman 497).
ومن أقواله – رحمه الله –: “كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله ﷺ عند أهل النقل بخلاف ما قلت، فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي.”
(صفة صلاة النبي للألباني ص ٥١–٥٢)
Dan di antara perkataannya – semoga Allah merahmatinya –:
“Setiap permasalahan yang terdapat hadis sahih dari Rasulullah ﷺ yang berbeda dengan pendapatku menurut para ahli periwayatan, maka aku akan meninggalkan pendapatku itu — baik ketika aku masih hidup maupun setelah aku meninggal dunia.”
(Diriwayatkan dalam Shifatu Shalatin Nabi karya Al-Albani hlm. 51–52)
وقال – رحمه الله –: “كل حديث عن النبي ﷺ لم تسمعوه مني فاعلموا أنه قولي.”
(ابن أبي حاتم ٩٣–٩٤، نقله الألباني في صفة صلاة النبي ص ٥٢)
Dan beliau – semoga Allah merahmatinya – juga berkata:
“Setiap hadis dari Nabi ﷺ yang kalian dengar dariku, maka ketahuilah bahwa itulah pendapatku.”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim 93–94, dinukil oleh Al-Albani dalam Shifatu Shalatin Nabi, hlm. 52)
قال الإمام أحمد بن حنبل – رحمه الله –: “رأي الأوزاعي، ورأي مالك، ورأي سفيان، كله رأي، وهو عندي سواء، وإنما الحجة في الآثار.”
(رواه ابن عبد البر في جامع بيان العلم وفضله ٢/١٤٩)
Imam Ahmad bin Hanbal – semoga Allah merahmatinya – berkata:
“Pendapat Al-Auza‘i, pendapat Malik, dan pendapat Sufyan — semuanya hanyalah pendapat, dan menurutku semuanya sama saja. Sesungguhnya yang menjadi hujjah hanyalah atsar (dalil yang bersumber dari Nabi ﷺ dan para sahabat).”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dalam Jāmi‘ Bayān al-‘Ilmi wa Fadhlih, 2/149)
ومن أقواله – رحمه الله –: “الاتباع أن يتبع الرجل ما جاء عن النبي ﷺ وعن أصحابه، ثم هو من بعد في التابعين مخيّر.”
(مسائل الإمام أحمد رواية أبي داود ص ٣٦٨)
Dan di antara perkataannya – semoga Allah merahmatinya –:
“Yang dimaksud dengan ittibā‘ (mengikuti) adalah seseorang mengikuti apa yang datang dari Nabi ﷺ dan dari para sahabatnya. Adapun setelah itu (setelah masa sahabat), maka ia boleh memilih (dari pendapat para tabi‘in).”
(Masā’il al-Imām Ahmad riwayat Abu Dawud, hlm. 368)
وقال: “لا تقلدني ولا تقلد مالكاً ولا الأوزاعي ولا الشافعي، وخذ من حيث أخذوا.”
(ابن القيم في إعلام الموقعين ٢/٣٠٢، صفة صلاة النبي ص ٥٣)
Dan beliau berkata:
“Janganlah kalian taqlid (mengikuti secara buta) kepadaku, dan jangan pula kepada Malik, Al-Auza‘i, atau Asy-Syafi‘i. Ambillah (dalil) dari sumber yang mereka ambil.”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Qayyim dalam I‘lām al-Muwaqqi‘īn, 2/302, dan disebutkan pula dalam Shifatu Shalatin Nabi, hlm. 53)
Bersyukur, Jangan Kufur Kawanku…!