Bolehkah Menjual Patung ?

Jual beli patung hukumnya adalah haram berdasarkan argumentasi berikut:
1.Hadits Jabir bin Abdillah:
إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ وَالْأَصْنَامِ
Sesungguhnya Allah dan RasulNya telah mengharamkan jual beli khamr, bangkai, babi dan patung. [H.R.Bukhari:2236,Muslim:1581]
2.Ia merupakan sarana yang mengantarkan kepada sebesar-besar kejelekan yaitu kesyirikan.Dan telah dimaklumi dalam kaedah ushul bahwasanya:
الوسائل لها حكم المقاصد
“Sarana-sarana baginya hukum dari tujuan-tujuan “.
3.Ia merupakan bentuk tolong-menolong dalam dosa.
Allah ta’ala berfirman:
وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
“ Dan janganlah kalian tolong menolong di atas dosa dan permusuhan”[al Maidah:2]
Ibnul Qayyim menyatakan:
تَحْرِيمَ بَيْعِ الْأَصْنَامِ، وَهُوَ أَعْظَمُ تَحْرِيمًا وَإِثْمًا، وَأَشَدُّ مُنَافَاةً لِلْإِسْلَامِ مِنْ بَيْعِ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ.
Pengharaman jual beli patung lebih besar dan lebih berdosa serta lebih bertentangan dengan islam dibandingkan dengan jual beli khamr, bangkai dan babi (Zaadulma’ad 5/762)
وَأَمَّا تَحْرِيمُ بَيْعِ الْأَصْنَامِ، فَيُسْتَفَادُ مِنْهُ تَحْرِيمُ بَيْعِ كُلِّ آلَةٍ مُتَّخَذَةٍ لِلشِّرْكِ عَلَى أَيِّ وَجْهٍ كَانَتْ، وَمِنْ أَيِّ نَوْعٍ كَانَتْ صَنَمًا أَوْ وَثَنًا أَوْ صَلِيبًا، وَكَذَلِكَ الْكُتُبُ الْمُشْتَمِلَةُ عَلَى الشِّرْكِ، وَعِبَادَةِ غَيْرِ اللَّهِ، فَهَذِهِ كُلُّهَا يَجِبُ إِزَالَتُهَا وَإِعْدَامُهَا، وَبَيْعُهَا ذَرِيعَةٌ إِلَى اقْتِنَائِهَا وَاتِّخَاذِهَا، فَهُوَ أَوْلَى بِتَحْرِيمِ الْبَيْعِ مِنْ كُلِّ مَا عَدَاهَا،
Adapun pengharaman jual beli patung, maka diambil faedah adanya pengharaman semua alat yang digunakan untuk kesyirikan dari semua sisi dan dari jenis apapun, baik patung, gambar atau salib.Demikian juga kitab-kitab yang mengandung kesyirikan dan ibadah kepada selain Allah, maka ini semua wajib dihilangkan dan dihancurkan dan jual belinya adalah sarana untuk memilikinya, sehingga lebih utama diharamkan jual belinya daripada selainnya.( Zaadulma’ad 5/761) .
Hukum transaksi adalah tetap haram walaupun dilakukan dengan orang kafir penyembah berhala, karena haramnya tolong-menolong dalam hal yang mengandung unsur dosa.Dan ini adalah madzhab jumhur ahli ilmu [Lihat syarh Zaadul Mustaqni’ karya syaikh Muhammad bin Mukhtar asy Syinqithiy].
Wallahu a’lam bi ash shawab
Diselesaikan tulisan singkat ini oleh hamba Allah
Abu Qushaiy al Anwar
Bersyukur, Jangan Kufur Kawanku…!